Kamis, 28 Januari 2010

Yaa Siin, Wal Wal Quranil Hakiem

Surat Yaa Siin bias jadi merupakan surat yang popular dan banyak dihafal oleh kebanyakan muslim setelah surat-surat Juz Ama. Untuk kalangan tertentu membaca surat Yaa Siin ini sudah menjadi ritual dibaca setiap malam Jumat. Biasanya sebelum membaca Surat ke 36 ini, mereka terlebih dulu menyampaikan salam dan do’a bagi Kanjeng Nabi, Sahabat, sesepuh dan orang tua yang sudah mendahului kita.

Dan pada malam Jum’at kemarin, setelah selesai sampai kalimat … wa ilahi turjaun saya membaca terjemah dari surat Ya Siin itu. Setelah memahami ayat demi ayat, banyak yang diambil dan dipetik pelajaran. Tapi di sini saya hanya menuliskan kembali beberapa ayat yang terkandung dalam surat ke 36 yang diturunkan di Mekkah ini.

Untuk mengingatkan kembali, special saya sembahkankan untuk kita tentang gambaran balasan bagi orang-orang kafir dan mu’min di akhirat kelak. Saya tulis kembali sesuai aslinya dari Al-Quran dan Terjemah. Departemen Agama (Depag) RI.

Gambaran Balasan Orang Kafir

Yasin: 7-9

Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman. Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, maka karena itu mereka tertengadah. Dan kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidakd apat melihat.

Yasin: 30-32

Alangkah besarnya penyesalan terhadap hamba-hamba itu, tiada dating seorang Rasulpun kepada mereka melainkan mereka selalu memperolok-olokannya. Tidakkah mereka mengetahui berapa banyaknya ummat-ummat sebelum mereka yang telah Kami binasakan, bahwasannya orang-orang (yang telah Kami binasakan) itu tiada kembali kepada mereka. Dan setiap mereka semuanya akan dikumpulkan lagi kepada Kami.

Yasin: 60-65

Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu hai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah Syaitan? Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu. Dan hendaklah kamu menyembah-Ku. Inilah jalan yang lurus. Sesungguhnya syaitan itu telah menyesatkan sebahagian besar di antaramu. Maka apakah kamu tidak memikirkan???

Inilah Jahanam yang dahulu kami diancam (dengannya). Masuklah ke dalamnya pada hari ini disebabkan kamu dahulu mengingkarinya. Pada hari ini, Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka melihat(nya).

Gambaran Balasan Orang Mu’min:

Yasin: 55-59

Sesungguhnya penghuni syurga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan. Di surge itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta.

(kepada mereka dikatakan): “Salam”, sesbagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang. Dan (dikatakan kepada orang kafir): “Berpisahlah kamu (dari orang-orang mu’min) pada hari ini, hai orang-orang yang berbuat jahat.

Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar