Jumat, 05 Februari 2010

Adab Tidur

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan. ( Ar Ruum : 23 )

Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.( An Nabaa’ : 9 )

ADAB TIDUR

1. Menutup pintu , mematikan api / lampu

Dari Jabir Bin Abdillah RA , Rasululloh SAW bersabda ,” Matikanlah lampu – lampu di waktu malam jika kalian hendak tidur dan tutuplah pintu – pintu , bejana serta makanan dan minuman kalian.” ( HR. Bukhori & Muslim )

Dari Ibnu Umar RA , Rasululloh SAW bersabda ,” Janganlah kalian meninggalkan api yang menyala ketika kalian tidur.” ( HR. Bukhori )

2. Menutup tempat makanan dan minuman

Rasululloh SAW bersabda ,” Tutuplah tempat makanan dan minuman kalian , sesungguhnya dalam setahun ada satu malam yang wabah penyakit diturunkan , tidaklah wabah itu melewati makanan dan minuman yang terbuka kecualai akan hinggap didalamnya.” ( HR. Muslim )

3. Berwudhu

Dari Bara’ Bin Azib RA , Rasululloh SAW bersabda ,” Apabila kalian hendak mendatangi tempat tidur maka berwudhulah seperti wudhu kalian untuk sholat.” ( HR. Bukhori & Muslim )

4. Mengebuti tempat tidur

Dari Abu Hurairah RA , Rasululloh SAW bersabda ,” Apabila salah seorang di antara kalian hendak tidur , maka kebutilah tempat tidurnya dengan ujung sarungnya , karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yang akan menimpa padanya.” ( HR. Bukhori & Muslim )

5. Sholat witir sebelum tidur

Abu Hurairah RA berkata ,” Kekasihku Rasululloh SAW mewasiatkan kepadaku tiga perkara , agar aku berpuasa tiga hari setiap bulan , sholat dhuha dua rakaat dan sholat witir sebelum tidur.” ( HR. Bukhori & Muslim )

6. Membaca doa sebelum tidur

7. Membaca ayat – ayat Al Qur’an sebelum tidur , yaitu :

· Ayat kursi ( Al Baqoroh : 255 )

· Surat Al Ikhlas , Al Falaq dan An Naas

Aisyah RA berkata ,” Adalah Rasululloh SAW apabila hendak tidur , Beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu meniupnya seraya membaca surat Al Ikhlas , Al Falaq dan An Naas. Kemudian Beliau mengusapkan kedua telapak tangannya ke bagian tubuh yang bisa diusap , dimulai dari kepala , wajah dan bagian tubuh lainnya sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhori , Muslim , Abu Dawud , Tirmidzi , Ibnu Majah )

· 2 terakhir dari Surat Al Baqoroh

Dari Abu Mas’ud Al Badriyi RA , Rasululloh SAW bersabda ,” Dua ayat terakhir dari surat Al Baqoroh , barangsiapa yang membacanya di waktu malam , maka akan mencukupinya.” ( HR. Bukhori & Muslim )

· Surat Al Mulk ( Tabaarok ) dan As Sajdah

Dari Jabir Bin Abdillah RA , ia berkata ,” Tidaklah Rasululloh SAW tidur melainkan membaca terlebih dahulu surat As Sajdah dan At Tabaarok.” ( HR. Bukhori , An Nasai )

8. Larangan tidur dalam satu selimut

Dari Abu Said Al Khudzry RA dari Bapaknya bahwa Rasululloh SAW bersabda ,” Janganlah laki – laki melihat aurat laki – laki yang lain , dan janganlah seorang wanita melihat aurat wanita yang lain. Dan janganlah laki – laki berkumpul dengan laki – laki lain dalam satu selimut dan janganlah wanita berkumpul dengan wanita lainnya dalam satu selimut.” ( HR. Muslim & Tirmidzi )

9. Larangan tidur di rumah yang tidak ada penghalang

Dari Ali Bin Syaiban RA , Rasululloh SAW bersabda ,” Barangsiapa yang tidur di atas rumah tanpa penutup , maka sungguh telah terlepas darinya penjagaan.” ( HR. Bukhori , Abu Dawud , Ahmad )

10. Menjaga aurat ketika tidur

11. Tidur dengan posisi berbaring ke sebelah kanan

Hudzaifah Bin Al Yaman RA berkata ,” Adalah Nabi SAW apabila tidur , Beliau meletakkan tangan kanannya di bawah pipinya.” ( HR. Bukhori , Ahmad , Abu Dawud )

Rasululloh SAW bersabda ,” Apabila engkau hendak mendatangi tempat tidur , maka berwudhulah seperti wudhu kalian untuk sholat kemudian berbaringlah ke sisi sebelah kanan.” ( HR. Bukhori & Muslim )

12. Larangan tidur dengan posisi tengkurep

Tikhfah Al Ghiffari RA , ia berkata ,” Suatu ketika tatkala aku tidur dalam masjid , tiba – tiba ada seorang yang menghampiriku , sedangkan aku dalam keadaan tidur tengkurep , lalu dia membangunkanku dengan kakinya seraya berkata ,” Bangunlah ! ini adalah bentuk tidur yang dibenci Alloh.” Maka akupun mengangkat kepalaku , teryata Beliau adalah Nabi SAW.” ( HR. Bukhori , Tirmidzi )

13. Larangan tidur dengan posisi kaki sebelah di atas kaki lainnya.

Rasululloh SAW bersabda ,” Jika salah seorang di antara kalian terlentang di atas punggungnya ( tidur ) maka janganlah menaruh salah satu kakinya di atas kaki yang lainnya.” ( HR. Tirmidzi )

14. Tidur ba’da subuh

Suatu ketika Abdullah Bin Abbas RA melihat anaknya sedang tidur di waktu subuh , kemudian Beliau berkata ,” Bangunlah ! Apakah engkau hendak tidur di saat riski itu sedang dibagikan ? ( Kitab Zaadul Ma’ad )

15. Anjuran Qoyluulah ( istirahat di pertengahan siang / tidur sebentar tidak pulas )

Dari Sahl Bin Sa’d RA , ia berkata ,” Tidaklah kami qoyluulah dan makan siang kecuali setelah sholat jum’at.” ( HR. Bukhori & Muslim )

Rasululloh SAW bersabda ,” Qoyluulah lah kalian , sesungguhnya setan tidak qoyluulah.” ( HR. Abu Nu’aim , Thabrani )

16. Tidur di awal malam

Ibnu Abbas RA berkata ,” Suatu ketika aku pernah bermalam di rumah bibiku ( Maimunah ) untuk melihat bagaimana shalatnya Rasululloh SAW. Beliau berbincang sejenak bersama istrinya , kemudian tidur.” ( HR. Muslim )

17. Larangan tidur sebelum Isya’

Abu Barzah RA , berkata ,” Bahwasanya Rasululloh SAW membenci tidur sebelum Isya’ dan bercakap – cakap setelahnya.” ( HR. Bukhori & Muslim )

18. Tentang mimpi

Dari Abdullah Bin Abu Qotadah RA , bahwasanya Rasululloh SAW bersabda ,” Mimpi yang baik adalah dari Alloh , sedangkan mimpi yang buruk dari syethan. Maka apabila salah seorang di antara kalian mipi buruk , hendaklah ia meludah ke arah kiri dan memohon perlindungan kepada Allohdari kejelekannya , sesungguhnya hal itu tidak akan memberinya mudhorot.” ( HR. Buhori & Muslim )

19. Mimpi basah

Dari Ummu Salamah RA , ia berkata ,” Telah dating Ummu Sulaim ( istrinya Abu Thalhah ) kepada Rasululloh SAW seraya berkata ,” Wahai Rasululloh , sesungguhnya Alloh tidak malu dari kebenaran , apakah seorang wanita wajib mandi jika dia mimpi basah ? Rasululloh SAW menjawab ,” Ya.” Apabila dia mendapati air mana.” ( HR.Bukhori & Muslim )

20. Doa ketika gelisah / takut ketika tidur

“ Aku berlindung dengan kailmat – kalimat Alloh yang sempurna dan murka Nya , siksa Nya , dari kejahatan hamba – hamba Nya , dari godaan para syethan dan dari kedatangan mereka kepadaku.” ( HR. Abu Dawud , Tirmidzi )

HAL – HAL YANG DILAKUKAN KETIKA BANGUN TIDUR

1. Membaca doa bangun tidur

2. Mengusap bekas tidur yang ada di wajah atau di tangan

Maka Rasululloh SAW bangun dari tidurnya lalu duduk sambil mengusap wajahnya dengan tangannya.” ( HR. Muslim )

3. Bersiwak / gosok gigi

Apabila Rasululloh SAW bangun dari tidur malam , Beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” ( HR. Bukhori , Muslim )

4. Beristintsaar ( menghirup air dengan hidung kemudian menyemburkannya )

Apabila salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya , maka beristintsaarlah tiga kali , karena sesungguhnya syethan bermalam di rongga hidungya.” ( HR. Bukhori , Muslim )

5. Mencuci tangan sebanyak tiga kali

Jiak salah seorang diantara kalian bangun tidur , janganlah ia memasukkan tangannya kedalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali.” ( HR. Bukhori , Muslim )


Sumber http://akur73.dagdigdug.com/2010/02/05/adad-tidur/

Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar