Selasa, 23 Februari 2010

Agama Konghucu Menghilang di Kolom Agama Sidoarjo

Maaf sebelum nya tapi ini informasi yang menarik untuk kita perhatikan bersama-sama.
Agama Konghucu rupanya tidak lagi terdaftar dalam list agama yang sah di blangko pengisian perpanjangan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Padahal sebelumnya, agama Konghucu ini tercatat dalam blangko tersebut.

"Saya kaget ketika akan memperpanjang KTP saya tanggal 7 Februari, di dalam blangko perpanjangan itu tidak ada agama Konghucu di daftar tersebut," kata Ketua Presidium Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia, Bingky Irawan kepada detiksurabaya. com, Rabu (17/2/2010).

Pria yang dekat dengan Almarhum Gus Dur ini mengaku bahwa petugas Kecamatan Taman, Sidoarjo hanya menyarankan agar mengisi pada kolom lain-lain yang berada di urutan terbawah daftar agama. Padahal 5 tahun lalu saat dirinya memperpanjang KTP, kolom agama Konghucu masih ada di formulir perpanjangan KTP.

Saat ditanya ke petugas kecamatan tentang hilangnya agama Konghucu pada blangko tersebut, petugas itu tidak bisa menjelaskan lebih jauh dan menyatakan bahwa blangko itu adalah format baru. Dalam format yang baru itu memang tidak ada kolom untuk agama
Konghucu.

Hilangnya kolom agama Konghucu ini tentu saja mengundang pertanyaan karena ditakutkan cara ini memang sebagai langkah awal untuk tidak lagi mengakui Konghucu sebagai agama di Indonesia. Padahal, pemerintah secara resmi sudah mengesahkan Konghucu sebagai agama salah satu agama resmi di Indonesia.

Dia mengungkapkan, di dalam Kartu Susunan Keluarga (KSK) miliknya juga sudah dituliskan pada kolom agama sebagai agama Konghucu. Sehingga dianggap aneh bila tidak
ada pengakuan terhadap agama Konghucu saat mengurus KTP.

"Saya akan terus mempertanyakan mengenai hilangnya kolom agama Konghucu pada daftar blangko perpanjangan KTP tersebut. Bagaimana pun ini adalah sebuah penistaan," tambahnya.
(stv/fat)


Sumber
http://surabaya. detik.com/ read/2010/ 02/17/163039/ 1301514/466/ agama-konghucu- menghilang- di-kolom- agama-sidoarjo


Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar