Jumat, 06 November 2009

Saling Berbagi

Assalamu'alaikum wr.wb


Shahabatku yang baik

Jumaat yang lalu, saya mendapat kesempatan untuk sharing “Coaching and Mentoring” dengan para Guru wali kelas dan Guru Bimbingan Konseling. Pihak penyelenggara meminta saya untuk memperbanyak latihan saja. Karena ini permintaan klien, ya saya ikuti saja. Walau sebenarnya, sebelum kasih materi dasar tentang MINDSET, saya belum nyaman memberikan tehnik…


Alhamdulillah, ternyata diantara peserta pernah hadir pada kelas “Unleash Your Teaching Power” sebelumnya tentang Cara mengajar masuk ke Alam Bawah. Jadi sesi MINDSET gak perlu diulang lagi.

Sementara itu, Dulu (2007) waktu pertama kali mempelajari NLP Fundamental “Leadership Self Mastery” saya sangat penasaran dengan tehnik REFRAMING. Selesai ikut training, saya terus baca referensi juga bertanya kepada ahlinya. Secara teoritis faham betul. Meaning of contain dan Contex. Tapi mengapa kalau ada tantangan kok gak aktif ya tehnik ini?

Saat mengikuti kelas selanjutnya, saya juga bertanya lagi kepada Guru NLP. Sampai beliau sempat menanyakan “apakah itu penting?” “Ya” saya jawab. Kemudian beliau jelaskan, dengan contoh persoalan dikehidupan nyata. Alhamduillah, setelah itu saya merasa sangat klik dengan tehnik ini. Saya membahasakanya dengan HAKEKAT (Ruh of Reframing). Sehingga menjadi lancar menggunakannya.

Nah demikian pula dengan NLL (Neuro Logical Level). Tehnik perubahan manusia inipun, butuh waktu selama 2 tahun pencariannya. Kok lama banget ya? Secara teoritis dapat, namun feel (Ruh) nya belum menyatu.

Kembali dengan cerita saya sharing dengan Guru BK. Sudah menjadi kebiasaan saya selama ini, kalau training jarang mempersiapkan modul alias materinya secara detail. Teman saya sering nanya “Mad materi nya apa?” sungguh saya bingung jawabnya. Saya jawab aja “Pokoknya NLP Terapan dan Hypnosislah”. Karena saya punya keyakinan “Unconscious sangat tau mana materi yang tepat untuk peserta yang hadir saat itu”. Ikuti saja kata hatimu. (No mind nothing state) anjuran Coach saya. Alhamdulillah selesai training tanggapan peserta puas.

Kembali lagi dengan penemuan hakekat NLL. Bagitu acara dimulai, saya lihat di handout yang dibagikan kepeserta. Disana ada materi NLL. Ya sudah saya kasih aja materi itu. Padahal saya belum begitu klik dengan tehnik ini. Barangkali inilah gunanya mengajar dalam kondisi no mind nothing state, jadinya mengalir saja.

Alhamdulillah, saya dapat menjelaskan materi ini dengan mudah difahami oleh peserta. Ditambah lagi pertanyaan studi case nyata disekolah. Sehingga semakin menguatkan belief. Dan setelah selesai training. Saya merasakan sesuatu berbeda disekitar dada saya (Jantung). Kondisi ini persis seperti saya menemukan ruh reframing. Setelah itu saya cek, NLL. Syukur kepada Allah. Sekarang saya benar-benar bisa merasakan Neuro logical level ini.

Alhamduilllah wasyukrulillah, engkau beri hamba pemahaman lebih dalam ya Allah dalam berbagi. Momen ini semakin menambah semangat saya untuk terus berbagi dan berbagi…



Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar