Rabu, 17 Maret 2010

2 juta kebaikan

Dari Abdullah bin Abi Aufa r.a., Rasulullah saw. Bersabda, Barangsiapa membaca Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah ahadan shamadan lam yalid walam yuulad walam yakun lahu kufuwan ahad, maka Allah akan menulis baginya dua juta kebaikan . (Thabrani).

Faedah

Betapa besar karunia dan rahma Allh swt. kepada kita. Dengan amalan yang ringan tanpa bersusah payah dalam membacanya dan tanpa biaya sedikit pun, juga tanpa memakan waktu yang lama, kita bias memperoleh jutaam kebaikan. Sayangnya, karena kelalaian kita dank arena tenggelamnya kita dalam keduniaan, kita telah kehilangan rahmat dan karunia Allah swt. yang sangat besar ini. Padahal, setidaknya Allah swt. akan melipat gandakan pahalanya sepuluh kali lipat, dengan syarat ikhlas. Berlandasan keikhlasan itulah pahala akan terus dilipat gandakan. Rasulullah saw. Bersabda, Setelah seseorang itu memeluk islam, maka dosa-dosanya ketika kafir akan diampuni. Setelah itu barulah amalannya akan dihisap. Untuk setiap kebaikannya akan dilipatgandakan dari mulai sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat, bahkan berlipat ganda menurut kehendak Allah swt. Jika ia berbuat keburukan hanya ditulis satu dosa baginya. Dan jika Allah swt. menghendaki. Dia kan mengampuninya sehingga dosa-dosanya itu tidak akan ditulis.,

Hadist lain menyebutkan, Jika seorang hamba berniat akan berbuat baik, maka dituliskan baginya satu kebaikan. Jika ia mengamalkannya, ditulis baginya sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat pahalanya. Setelah itu masih digandakan menurut kehendak Allah., Masih banyak hadits lainnya yang membicarakan hal ini. Jika kita meyakini bahwa pemberian Allah swt. tidak akan berkurang, namun adakah diantara yang mengambil atau memintanya?inilah yang dipandang para waliyullah, sehingga mereka tidak akan tergoda engan tipuan dunia yang luar bias ini. Ya Allah jadikannlah kami termasuk golongan mereka.

Rasulullah saw. Bersabda, Ada enam jalan amalan dan ada empat jenis manusia. Ada dua amalan yang wajib, ada dua amalan yang seimbang, ada dua amalan yang berpahala sepuluh kali lipat, dan ada amalan yang berpahala tujuh ratus kali lipat. Dua amalan yang wajib adalah: (1) Barang siapa meniggal dunia tanpa melakukan syirik terhadap Allah swt., maka wajib baginya surga. (2) Barang siapa meninggal dunia dalam keadaan syirik, maka wajib baginya neraka (3) Amalan yang seimbang ialah barang siapa berniat berbuat kebaikan lalu ia meninggal dunia sebelum sempat mengamalkan baginya satu pahala. (4)Amalan yang berpahala sepuluh kali lipat ialah jika niat kebaikannya itu diamalkan. (5) Amalan yang berpahala tujuh ratus kali lipat adalah yang berinfak fisabilillah, pahalanya akan dilipatkan menjadi tujuh ratus kali lipat. (6) Barang siapa berbuat jahat, akan dituliskan baginya satu kejahatan.

Adapun empat jenis manusia adalah: (1) Orang yang didunia hidup senang, dan diakhirat menderita. (2) Orang yang didunia menderita dan di akhirat senang. (3) Orang yang didunia dan akhirat menderita (4) Orang yang didunia dan akhirat mendapat kesenangan.

Seseorang menjumpai Abu Hurairah r.a. dan berkata, Aku mendengar engkau berkata bahwa ada sebagian amal kebaikan yang dilipatgandakan hingga sejuta pahala. Sahut Abu hurairah r.a. Apa yang engkau herankan? Demi Allah, aku telah mendengarnya demikian. Rasulullah saw. Bersabda, Ada sebagian pahala yang akan dilipatgandakan menjadi dua juta kali.

Allah swt, sendiri berfirman, Allah melipatgandakan pahala itu dan memberi pahala yang besar dari sisiNya. Jika Allah sendiri yang menyebutnya dengan pahala besar, siapkan yang mampu menghitungnya? Imam Ghazali rah.a berkata , Pahala itu akan dihitung besar jika kita membaca lafaznya disertai dengan membayangkan maknanya, Inilah sifat khusus keagungan Allah swt

Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar